RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Sungai Penuh
Mata pelajaran : Sastra
Indonesia
Kelas / Semester : XI / 1 (satu)
Program :
Bahasa
Alokasi : 4 x 45
menit
Standart Kompetensi : 5. Menguasai komponen-komponen kesastraan
dalam menelaah berbagai karya sastra
Kompetensi Dasar : 5.2. Menggunakan komponen kesastraan teks drama (pelaku dan perwatakan,
dialog dan perilaku, plot dan konfliks) untuk menelaah karya sastra drama
(C4)
Indikator : 1. Mengidentifikasi
komponen kesastraan dalam teks drama (c1)
2. menelaah komponen kesastraan dalam teks
drama (c4)
3. Menyimpulkan hasil pembahasan (C2)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Mengidentifikasi
komponen kesastraan dalam teks drama
2. menelaah komponen kesastraan drama
3. Menyimpulkan hasil pembahasan
B. Materi Ajar
Komponen teks drama
1. Pelaku
: Orang yang berperan dalam
suatu drama.
Pelaku dalam drama ® Protagonis, Antagonis, Tritagonis.
2. Perwatakan : Gambaran watak para pelaku
3. Dialog : Percakapan antar para pelaku
-
Dialog harus menunjang gerak laku para pelaku
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Demonstrasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
|
KEGIATAN
AWAL
·
Guru
memberikan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab
seputar komponen drama
·
Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran dan AMBAK (apa manfaat bagiku)
|
15 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
· Guru menjelaskan seputar drama
Eksplorasi
·
Siswa
diminta membaca dan memahami isi naskah drama
·
Menjawab
secara lisan untuk menemukan informasi dalam drama
·
Menemukan
pelaku dalam drama
·
Menemukan
perwatakan dalam drama
·
Mengidentifikasi
dialog dalam drama
Elaborasi
·
Siswa mendiskusikan / membandingkan hasil dengan teman
sekelas
·
Salah satu mempesentasikan
hasil temuanya.
·
mMasing-masing siswa
menuliskan jawaban mereka pada buku latihan.
Konfirmasi
·
Guru meminta siswa mengumpulkan hasil kerja mereka
· Guru mengoreksi hasil kerja siswa.
· Guru menegaskan kembali materi hari ini
|
45 menit
|
3.
|
KEGIATAN
AKHIR
·
Guru dan
siswa menyimpulkan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan proses KBM
yang telah selesai dilaksanakan.
·
Guru
merefleksi kegiatan hari ini.
·
Guru
memberitahukan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
Tugas
Tatap Muka
·
Siswa membaca naskah drama
·
Siswa mengidentifikasi
komponen drama
·
Siswa mendiskusikan isi
naskah drama
Tugas mandiri tidak tesrtuktur
Siswa mencari contoh naskah drama dan menelaah isi naskah drama
tersebut.
|
30 menit
|
E. Alat / Bahan / Sumber belajar
1. Naskah drama ”Badai
Sepanjang Malam”
2. Buku teks yang
terkait
3. Buku pelengkap
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian : Non test
2. Bentuk Instrumen : Uji petik
3. Instrumen Penilaian : Unjuk kerja
4. Pedoman
Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rentangan Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
2.
3.
|
Mampu menemukan
komponen-komponen kesastraan dalam drama
Mampu
menghubungkan komponen-komponen kesastraan dalam drama
Mampu
mempresentasikan di depan kelas
|
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat
baik
|
||||
Jumlah Skor Perolehan
|
5. Rumus Penilaian :
|
Nilai
akhir = x 100
Mengetahui Sei.Penuh,
Juni 2011
Kepala SMA
N 1 Sei. Penuh Guru
Mata Pelajaran
Dariyo, S.Pd. M.Kom. Drs. Adli Sumantri
NIP.
19661007 199103 1 001 NIP. 19660106 1993031 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar