RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 SUNGAI PENUH
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER :
XII / 1
PERTEMUAN :
6
ALOKASI
WAKTU : 2 X 45 MENIT
ASPEK PEMBELAJARAN :
MENULIS
STANDAR
KOMPETENSI :
4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas, lapo
ran,
resensi.
KOMPETENSI
DASAR : 4,1 Menulis surat lamaran pekerjaan
berdasarkan unsur-
unsur dan struktur
Indikator :
1.Mengidentifikasi unsur-unsur dalam
surat lamaran pekerjaan.
2.Menyususn surat lamaran pekerjaan
berdasarkan iklan.
3.Memperbaiki surat lamaran dari segi
struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan keterkaitan
I.Tujuan
Pembelajaran
1.Membaca
contoh surat lamaran pekerjaan
2.Siswa
dapat mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan.
3.Siswa
dapat menyususn surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan.
4.Siswa
dapat memperbaiki surat lamaran dari
segi struktur, diksi, kejelasan
Kalimat, dan keterkaitan antarkalimat, dan
EYD.
II. Materi Pembelajaran
*contoh surat lamaran pekerjaan
*Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
*Struktur surat lamaran pekerjaan
*Penggunaan bahasa dalam surat lamaran
pekerjaan
*Penggunaan EYD dalam surat lamaran
pekerjaan.
III. Metode Pembelajaran
A.Pendekatan :Kontektual, Teaching and Learning
B.Model :Cooperatif
Integrated Reading
C.Metode :Tanya
jawab, diskusi, inkuiri
IV. KKM : 75
V. Kegiatan
Pembelajaran
NO.
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
-
Guru memberi salam, berdoa sebelum
-
belajar.(menunjukkan sikap religius dan
ungkapan rasa syukur kepada Allah)
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran
-
Guru
mengimformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai
-
Guru
memberikan contoh surat lamaran pekerjaan.
Kegiatan inti
Eksplorasi
*Guru memberikan
pertanyaan pancingan yang
terkait dengan surat lamaran pekerjaan
(mengembangkan rasa ngan tahu)
*Peserta didik
distimulus berupa materi surat
lamaran pekerjaan.
Elaborasi
*Peserta didik
secara kelompok membaca,
mencari dan mencermati surat lamaran
pekerjaan yang sudah diseiakan oleh guru.
*Peserta didik
kemudian mengidentifikasi unsur-
unsur surat lamaran pekerjaan dan
menentukan
struktur surat lamaran pekerjaan.
*Guru dan peserta
didik mendiskusikan materi
proses surat lamaran pekerjaan (berperilaku
sopan santun dalam berdiskusi seperti;
menghargai setiap pendapat, tidak
memaksakan
kehendak, mengajukan pendapat atau ide
dengan
santun, menerima kesepakatan hasil diskusi)
*Peserta didik
menyusun surat lamaran pekerjaan
berdasarkan jenis dan kondisi yang telah
ditentukan. (Bertanggung jawab dan
disiplan
dalam melaksanakan tugas)
*Peserta didik
mengedit dan memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam
surat
lamaran pekerjaan peserta didik lainnya.
(menimbulkan rasa kepercayaan diri)
*Guru mengingatkan
kembali hal-hal penting yang
perlu diperhatikan dalam menulis surat
lamaran
pekerjaan.
*Merangkum materi
surat lamaran pekerjaan.
Konfirmasi
*Membacakan
rangkuman
*Menanggapi
rangkuman yang dibacakan
Penutup
*Penguatan
ketrampilan berupa refleksi
*Uji teori untuk
mereview konsep-konsep penting
tentang surat lamaran pekerjaan.
*Guru memberi
salam.
|
10 Menit
70 Menit
10 menit
|
VI.Alat/Bahan/Sumber
belajar
*Alat :Komputer, LCD Proyektor
*Bahan :-Contoh surat lamaran pekerjaan (model peraga)
-Panduan Belajar Bahasa Indonesia dan sastra
Indonesia untuk
SMA/MA kelas XII Karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan
Esis 2007,
hal.23-27.
-Bahasa Indonesia Bahasa Negeriku 3 untuk
SMA/MA Kelas XII karya
Asep
Tatang,dkk. Terbita Platinum, hal.16-27.
-Mahir
Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas 3 karta P. Tukan, S.Pd.
terbita
Yudistira, hal.10-15.
-surat menyurat
untu Berbagai keperluan terbitan Harmoni, hal.163-
175.
*Sumber :Internet, surat kabar, majalah
VII.Prosedur Penilaian
A.Penilaian Kognitif
*Teknik :Pertanyaan lisan
dan tulisan
*Bentuk :Uraian dan performen
(unjuk kerja)
B.Penilaian Afektif
*Bentuk :Lembaran Pengamatan
Nama
|
Disiplin
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Etika
|
Rata-rata
|
Skala penilaian dibuat dengan
rentang dari 1 samapai dengan 5
Penafsiran angka: 1 =sangat kurang
2
=kurang
3
=cukup
4
=baik
5
=sangat baik
C.Pinilaian Psikomotor
*Bentuk : Lembar penilaian kerja
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Rata-rata nilai
|
A B C D
|
||||
1.
2.
3.
4.
|
Aspek Penilaian : A.Ketepatan penggunaan kalimat
efektif dan komunikatif
B.Ketepatan
pemelihan diksi, variatif dan baku
C.Ketepatan penggunaan struktur surat lamaran
pekerjaan
D.Ketepatan
penulisan surat lamaran pekerjaan
Skala penilaian dibuat rentang dari nilai
terkecil 25 samapai dengan 100
Penugasan Terstruktur
1.Membaca surat
lamaran pekerjaan
2.Mengidentifikasi
unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
3.Menentukan
struktur surat lamaran pekerjaan
4.Menyusun surat
lamaran pekerjaan berdasarkan iklan
5.mengedit dan
memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam penulisan surat lamaran
pekerjaan.
*Instrumen
Penilaian
A.Butir soal:
1.Sebutkan
unsur-unsur surat lamaran pekerjaan!
2.Susunlah surat
lamaran pekerjaan berdasarkan iklan berikut!
(soal terlampir
pada bahan ajar)
B.Kunci jawaban
1.Unsur-unsur
surat lamaran pekerjaan
a.tempat, tanggal, bulan, dan tahun
b.lampiran
c.perihal
d.alamat yang dituju
e.salam pembuka
f.pendahuluan
g.isi
h.penutup
i.salampenutup
j.tanda tangan
k.nama pelamar
2.Terlampir
pada bahan ajar
Skor Penilaian : 1.Jawaban tepat (poin 100)
2.Jawaban cukup
tepat (poin 75 -90)
3.jawaban kurang
tepat (poin50 – 74)
Mengetahui : Sungai
Penuh, Agustus 2011
Kepala SMAN 1 Sei. Penuh, Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Harpendi, M.Si. Drs.
Adli Sumantri
NIP.19630303 198803 1 010 NIP.19660106
199303 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar