Senin, 30 April 2012

RPP Kelas XII smtr 1 (28)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No: 28

Satuan Pendidikan   : SMAN 1 Sungai Penuh
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XII Ilmu Alam dan Ilmu Sosial/1
Alokasi Waktu          : 90 menit


Standar Kompetensi :
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah.

Kompetensi Dasar
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku . (C3)

Indikator
       Mencatat pokok-pokok isi buku. (C2)
       Menulis rangkuman isi buku. (C3)

I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mencatat pokok-pokok isi buku dan menulis rangkuman isi buku.

II. Materi Ajar
  • Pengertian rangkuman/ringkasan
  • Langkah-langkah merangkum/meringkas
  • Panduan/trik merangkum isi buku
  • Format merangkum isi buku

III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses

IV. KKM            : 70

V. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1












2
































3

Pendahuluan  
·        Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
·        Guru mengabsen siswa.
·        Guru mempersilakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
·  Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·        Guru memberikan contoh sebuah ringkasan buku misalnya ringkasan pelajaran bab sebelumnya. (slide 5)   

Inti
Eksplorasi
·      Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan isi buku. (mengembangkan rasa ingin tahu)
·      Peserta didik distimulus berupa pemberian materi proses morfologi. (slide 6-8)
Elaborasi
·      Peserta didik membaca beberapa  paragraf pada sebuah buku yang sudah ditentukan ole guru untuk dicari intisarinya.
·      Guru dan peserta didik mendiskusikan membuat ringkasan isi buku. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 158-161)
Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
·      Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 9-19 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas)
·      Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas seperti yang ditugaskan pada slide 9-19.
·      Merangkum materi membuat rangkuman isi buku.
Konfirmasi
·      Membacakan rangkuman
·      Menanggapi rangkuman yang dibacakan

Penutup
·      Penguatan keterampilan berupa refleksi
·      Guru memberi salam
10 menit













70 menit































10 menit

Ceramah
tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi











VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·        Alat: komputer, LCD proyektor
·        Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materiAktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas IX SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI.
·        Sumber: internet

VII. Prosedur Penilaian
         Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan lisan dan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda,  uraian dan performan (unjuk kerja)
         Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata







Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik

Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rata-rata Nilai
A
B
C
1
2







Aspek Yang Dinilai :
               A = EYD
               B = Ketepatan menentukan ide pokok tiap paragraf
               C = Ketepatan menyusun rangkuman yang runut

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.

Penugasan Terstruktur
  1. Menyimak penjelasan membuat ringkasan isi buku.
  2. Mencari ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang sudah ditentukan.
  3. Menulis rangkuman yang runut berdasarkan ide pokok yang sudah ditemukan.











Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok materi membuat rangkuman isi buku yang disampaikan guru atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA untuk, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA. Kemudian mengerjakan soal latihan yang ada pada buku terbut.

Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.

   Pedoman Penilaian terlampir pada bahan uji.
                                               
                                                                                                            Sei.Penuh,      Juni 2012
            Kepala SMAN 1 Sei. Penuh                                                      Guru Mata Pelajaran,





            DARIYO, S.Pd. M.Kom                                                             Drs. Adli Sumantri
NIP 19661007  199101 1 001                                                  NIP 19660106 199303 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar