Minggu, 29 April 2012

RPP Kelas XI No.7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No: 7

Satuan Pendidikan   : SMAN 1 SUNGAI PENUH
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI A/1
Alokasi Waktu          : 90 menit


Standar Kompetensi :
3. Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.

Kompetensi Dasar
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik. (C3)

Indikator
·      Membacakan berita dengan baik serta memerhatikan lafal, jeda, intonasi, ekspresi, dan sikap membacayang baik. (C3)

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik memahami dan menguasi pelafalan, penjedaan, infotasi, ekspresi dan sikap membaca, peseta didik dapat membacakan berita dengan baik.

II. Materi Ajar
·     Teknik membacakan berita.
·    Pelafalan
·    Penjedaan
·    Intonasi
·    Ekspresi
·    Sikap membaca.

III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses

IV. KKM            : 70

V. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1












2

































3

Pendahuluan  
·        Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
·        Guru mengabsen siswa.
·        Guru mempersilakan siswa untuk. mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
·  Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·        Guru menggambarkan pembaca berita yang baik. (slide ke-5)   

Inti
Eksplorasi
·      Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan pembaca barita favorit. (mengembangkan rasa ingin tahu)
·      Peserta didik distimulus berupa pemberian materi tentang membacakan berita yang baik. (slide 6-11)
Elaborasi
·      Peserta didik menyimak rekaman pembaca berita baik audiovisual dan atau adionya saja.
·      Guru dan peserta didik mendiskusikan materi membacakan berita dengan baik. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 32-35)
Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
·      Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 12-15 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas)
·      Peserta didik mendemonstrasikan membaca berita sementara peserta didik lain menyimak dan memberikan komentar.
·      Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas membacakan berita yang ditugaskan pada slide 12-15.
·      Merangkum materi membacakan berita.
Konfirmasi
·      Membacakan rangkuman
·      Menanggapi rangkuman yang dibacakan

Penutup
·      Penguatan keterampilan berupa refleksi dan guru memberikan PR kepada peserta didik  yang diambil dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 36 dan dari latihan/tugas yang belum selesai dikerjakan di kelas.
·      Guru memberi salam
10 menit












70 menit

































10 menit

Ceramah
tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi
demonstrasi


VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·        Alat: komputer, LCD proyektor
·        Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materiAktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI
·        Sumber: internet, surat kabar, majalah

VII. Prosedur Penilaian
         Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan lisan dan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda,  uraian dan performan (unjuk kerja)
         Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata







Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik

Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rata-rata Nilai
A
B
C
D
E
1
2









Aspek Yang Dinilai :
               A = pelafalan
               B = intonasi
               C = penjedaan
D = ekspresi
E = sikap

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.

Penugasan Terstruktur
  1. Menyimak penjelasan membacakan berita yang baik.
  2. Mencatat hal-hal yang harus diperhatikan oleh pembaca berita yang baik.
  3. Menandai teks berita untuk penjedaan dan intonasi
  4. Mendemonstrasikan pembacaan berita yang baik di depan kelas.







Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok pembacaan berita yang baik dari tanyangan presentasi yang disampaikan guru atau dari berita atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas, kemudian mengamati pembaca berita dari beberapa siaran televisi!

Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.

   Pedoman Penilaian = jumlah skor x 2
                                               
                                                                                                            Sei. Penuh,     Juni 2012
            Kepala SMAN 1 Sei. Penuh,                                                  Guru Mata Pelajaran,





            Dariyo, S.Pd. M.Kom.                                                                        Drs. Adli Sumantri
NIP.19661007 199101 1 001                                                  NIP.19660106 199303 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar