Minggu, 29 April 2012

RPP Kelas XI No.25


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No: 25

Satuan Pendidikan   : SMAN 1 SUNGAI PENUH
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI A/1
Alokasi Waktu          : 90 menit


Standar Kompetensi :
9. Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar.

Kompetensi Dasar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar. (C3)

Indikator
·      Menyampaikan pendapat yang disampaikan pembicara dalam suatu diskusi atau seminar. (C3)
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan topik diskusi atau seminar. (C3)
·      Mengomentari jalannya diskusi atau seminar yang telah berlangsung. (C3)

I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengomentari pendapat orang dalam diskusi/seminar, mengajukan pertayan, dan mengomengimantari jalannya diskusi/seminar dengan bahasa yang baik dan benar, diukuti oleh etika yang baik.

II. Materi Ajar
·     Maksud/tujuan diskusi
·     Cara memeberikan pendapat atau mengomentari pendapat orang lain dengan baik


III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses

IV. KKM            : 70

V. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1











2








































3

Pendahuluan  
·        Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
·        Guru mengabsen siswa.
·        Guru mempersilakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
·  Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·        Guru memberikan gambaran maksud atau tujuan dan jalannya sebuah diskusi. (slide 5-6)   

Inti
Eksplorasi
·      Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan daftar pustaka dan catatan kaki. (mengembangkan rasa ingin tahu)
·      Peserta didik distimulus berupa pemberian materi tentang daftar pustaka dan catatan kaki. (slide 6-10)
Elaborasi
·      Peserta didik mencari dan mencermati penulisan daftar pustaka dan catatan kaki pada beberapa buku yang dimilikinya.
·      Guru dan peserta didik mendiskusikan materi menulis daftar pustaka dan catatan kaki. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 149-151)
Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
·      Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 17-18 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas)
·      Peserta didik menyimulasi dan mendemonstrikan jalanya diskusi yang topiknya sudah ditentukan oleh guru. (Guru membagi kelompok peserta didik secara acak)
·      Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas jalannya diskusi mengenai komentar/pertanyaan yang disampaikan peserta didik lainnya seperti yang ditugaskan pada slide 11.
·      Merangkum materi mengomentari pendapat orang lain dalam sebuah diskusi/seminar.
Konfirmasi
·      Membacakan rangkuman
·      Menanggapi rangkuman yang dibacakan

Penutup
·      Penguatan keterampilan berupa refleksi
·      Guru memberi salam
10 menit












70 menit







































10 menit

Ceramah
tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi




VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·        Alat: komputer, LCD proyektor
·        Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materiAktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI
·        Sumber: internet, surat kabar, majalah

VII. Prosedur Penilaian
         Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan lisan dan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda,  uraian dan performan (unjuk kerja)
         Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata







Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik

Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rata-rata Nilai
A
B
C
D
E
1
2









Aspek Yang Dinilai :
               A = Etika cara mengajukan tanggapan
               B = Penggunaan bahasa baik yang benar
               C = Ketepapan tanggapan/pertanyaan berkaitan dengan topik yang di bahas
D = Merespon pendapat yang disampaikan orang lain
E = Menjaga ketertiban/kelancaran diskusi

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.

Penugasan Terstruktur
  1. Menyimak penjelasan cara berdiskusi yang baik.
  2. Mencatat hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat/sanggahan/pertanyaan dalam sebuah diskusi.
  3. Praktrik berdiskusi seseuai dengan topik yang sudah ditentukan oleh guru..








Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok materi cara menganggapi pendapat orang lain dalam sebuah diskusi/seminar yang disampaikan guru atau dari berita atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas, kemudian menjadi peserta diskusi di kelas/tempat lain atau mengamati jalannya diskusi/seminar yang disampaikan melalui media televisi atau cetak!

Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.

   Pedoman Penilaian = jumlah skor tiap soal berbeda (terlampir pada bahan uji)
                                               
                                                                                                            Sei. Penuh,     Januari 2012
            Kepala SMAN 1 SEI. PENUH,                                                 Guru Mata Pelajaran,





            Dariyo, S.Pd. M.Kom.                                                                        Drs. Adli Sumantri
NIP.19661007 199101 1 01                                                    NIP.19660106 199303 1 006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar