Selasa, 05 Juni 2012

Bahan ajar


Bahan Ajar          :               Kelas XI
                                                Semester 1

PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
Pendahuluan :
Pada dasarnya sebuah paragraf dibangun hanya dengan dua materi, yaitu: materi yang mempunyai cakupan secara umum dan yang lain cakupan khusus. Dengan demikian, muncullah dua pola pengembangan paragraf, yaitu: pola khusus – umum (induktif) dan umum – khusus (deduktif).
Karateristik paragraf deduktif :
  1. Kalimat utamanya berada pada awal paragraf
  2. Ide pokoknya berada pada awal paragraf
  3. Kalimat-kalimat penjelas letaknya setelah kalimat utama dan berfungsi menjelaskan kalimat utama.
Karateristik paragraf induktif :
  1. Kalimat utamanya berada pada akhir paragraf
  2. Ide pokoknya berada pada akhir paragraf
  3. Kalimat-kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama dan berfungsi menjelaskan kalimat utama.
Contoh paragraf deduktif
                Pada masa sekarang ini banyak rumah sakit dibangun, baik itu rumah sakit negeri maupun swasta. Semarak berdirinya rumah sakit tersebut diperkirakan karena adanya izin pendirian rumah sakit yang relatif mudah. Rumah sakit negeri di daerah tertinggal mempunyai jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan swasta. Hal tersebut dapat dinalar karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, misalnya faktor finansial, sosial, asal-muasal adanya dokter, dan masih banyak lagi.

 

Penjelasan
Paragraf tersebut mempunyai gagasan utama yang dituangkan pada kalimat utamanya, yaitu masa sekarang ini banyak rumah sakit dibangun. Paragraf ini disebut paragraf deduktif. Perhatikan kalimat yang tercetak tebal.
 

Contoh paragraf induktif
                Saat ini pemerintah mendirikan rumah sakit di mana-mana, baik di kota maupun di desa. Tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam bidang pendidikan, pemerintah selalu mengupayakan kualitas sehingga kurikulum berubah-ubah sampai menetapkan program yang terakhir berupa KTSP. Dalam bidang ekonomi, Indonesia terlihat jatuh terpuruk karena dengan angka-angka yang ada Indonesia masih mempunyai hutang luar negeri yang cukup besar. Bidang-bidang yang lain pun masih membutuhkan penanganan yang serius. Memang tugas pemerintah Indonesia sangat berat.
 
Penjelasan
Paragraf tersebut dapat dikelompokkan sebagai paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir, yaitu tugas pemerintah Indonesia sangat berat. Perhatikan kalimat yang tercetak tebal.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar